karangan 1 ekonomi koperasi


Nama : Bagas Luqman Tara
NPM :21218322
kelas : 2eb08

Tips  untuk hidup sehat dan berumur panjang
Mayoritas orang zaman sekarang tidak memerhatikan kesehatan diri mereka. Padahal, kesehatan merupakan  aset penting. Berkat badan yang sehat kita dapat melakukan apapun yang kita mau, seperti bekerja dengan optimal, dapat liburan, dan dapat makan apapun yang kita mau. Di sisi lain jika badan sedang sakit kita tidak dapat bekerja dengan optimal, liburan menjadi tidak menyenangkan, dan makan apapun menjadi tidak enak. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan kita dari sekarang.
Berikut tips-tips supaya badan kita sehat :
1.    Hindari stres
Di zaman sekarang stres sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak hal yang membuat kita stres, seperti tugas yang numpuk, pekerjaan, di putusin pacar, dan lain- lain. Stres harus di hindari karena dengan stres kesehatan bisa menurun, Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Nah, oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat Anda stres.

2.    Sempat olah raga setiap hari
Olahraga rutin dapat membuat badan kita menjadi sehat. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Anda jadi merasa lebih bugar.                                                                                Bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan di kantor, anda dapat melakukan kegiatan sehat juga. Seperti lebih memilih naik tangga daripada lift, naik kendaraan umum, perbanyak jalan kaki dan hal-hal lain yang membuat badan anda sering bergerak.
3.    Jangan terlalu banyak makan manis
Mengkonsumsi banyak makanan manis juga berbahaya untuk kesehatan.Makanan manis dapat menyebabkan manis dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.                                   Mulailah mengurangi konsumsi yang manis-manis. Untuk langkah awal kurangi porsi gula dalam makanan dan minuman sedikit demi sedikit.

4.    Perbanyak minum air putih
Kebanyakan  dari komposisi tubuh kita adalah air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali Anda bernapas. Inilah mengapa, penting bagi kita untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan kita terpenuhi setiap hari.
Lebih jauh, memastikan bahwa asupan cairan Anda tepenuhi dengan baik tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh bagi Anda agar tidak mengonsumsi minuman manis.                                                                              Bawalah botol minum sendiri ke mana pun Anda pergi. Masukkan botol tersebut dalam tas, sehingga Anda tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

5.    Cukup tidur
tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan kita. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan kita.
6.    Asupan Vitamin yang Cukup 
            Asupan vitamin yang alami didapat dari sayur dan buah. Buah-buahan yang dikonsumsi tak perlu mahal. Dapatkan manfaat pola hidup sehat dengan rajin mengonsumsi buah Jeruk, pisang, hingga semangka. Kandungan vitaminnya bisa membuat tubuh makin sehat..                                                                                           Namun untuk semangka diusahakan konsumsinya harap dibatasi, karena semangka memiliki kadar gula yang tinggi.
Dengan demikian itulah tips-tips hidup sehat, semoga bermanfaat bagi kita semua. karena kesehatan itu mahal. Bahkan, banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk sehat kembali. Berapa banyak orang yang masuk ke rumah sakit karena pola hidup yang tidak sehat.
“Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak” – Mahatma Gandhi

Daftar Pustaka :

·         Swari, Riski Candra (31 januari 2019). Langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat. dikutip 14 oktober 2019 dari Langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-pola-hidup-sehat/

·         Musiana, Lusinda (19 juli 2019). 10 Pola Hidup Sehat yang Alami Supaya Nggak Gampang Sakit, dikutip 14 oktober 2019 dari 10 Pola Hidup Sehat yang Alami Supaya Nggak Gampang Sakit : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4631736/10-pola-hidup-sehat-yang-alami-supaya-nggak-gampang-sakit

 


Comments

Popular posts from this blog

karangan 9 softskill ekonomi koperasi