tugas 4 ekonomi koperasi

Nama : Bagas Luqman Tara
kelas : 2eb08
NPM : 21218322

1. Jelaskan peran koperasi dalam era globalisasi contoh kasus, ???

koperasi memiliki beberapa peranan yaitu (Setiawan, 1999):

Pertama, koperasi sebagai lembaga berbentuk usaha yang membantu masyarakat. Kegiatan usaha dimaksud dapat berupa pelayanan kebutuhan keuangan atau perkreditan, atau kegiatan pemasaran, atau kegiatan lain yang membantu masyarakat.

Kedua, koperasi mempermudah perusahaan lain. pada contoh kasus ini masyarakat telah merasakan  manfaat dan peran koperasi lebih baik dibandingkan dengan lembaga lain. Keterlibatan anggota (atau juga bukan anggota) dengan koperasi adalah karena pertimbangan rasional yang melihat koperasi mampu memberikan pelayanan yang lebih baik. Koperasi yang telah berada pada kondisi ini dinilai berada pada ‘tingkat’ yang lebih tinggi dilihat dari perannya bagi masyarakat. Beberapa KUD untuk beberapa kegiatan usaha tertentu diidentifikasikan mampu memberi manfaat dan peran yang memang lebih baik dibandingkan dengan lembaga usaha lain, demikian pula dengan Koperasi Kredit.

Ketiga, koperasi menjadi organisasi yang dimiliki oleh anggotanya. Rasa memilki ini dinilai telah menjadi faktor utama yang menyebabkan koperasi mampu bertahan pada berbagai kondisi sulit, yaitu dengan mengandalkan loyalitas anggota dan kesediaan anggota untuk bersama-sama koperasi menghadapi kesulitan tersebut. Sebagai ilustrasi, saat kondisi perbankan menjadi tidak menentu dengan tingkat bunga yang sangat tinggi, loyalitas anggota Kopdit membuat anggota tersebut tidak memindahkan dana yang ada di koperasi ke bank. 



2. Bagaimana manajemen strategis yang diterapkan oleh koperasi untuk menghadapi persaingan kompetitif tersebut?

untuk mengatasi persaingan kompetitif era globalisasi diperlukan beberapa langkah strategis. Berikut adalah langkah-langkah kopersi dalam menghadapi era globalisasi:
1.      Dalam menjalankan usahanya, pengurus koperasi harus mampu mengidentifikasi kebutuhan kolektif anggota sifatnya kondisional dan lokal spesifik. Dengan mempertimbangkan aspirasi angota-angotanya, karena sangat dimungkinkan  kebutuhan setiap koperasi berbeda-beda.
2.      Adanya efektifitas biaya transaksi antara koperasi dan anggotanya sehingga biaya tersebut lebih kecil jika dibandingkan biaya transaksi yang dibebankan oleh lembaga non koperasi
3.      Kesungguhan kerja pengurus dan karyawan dalam mengelola koperasi. Disamping kerja keras, figur pengurus koperasi hendaknya dipilih orang yang amanah, jujur serta transparan
4.      Membagi koperasi dengan beberapa sektor, contoh : koperasi konsumen atau koperasi konsumsi, koperasi kredit dan jasa keuangan.
5.      Pemahaman pengurus dan anggota akan jati diri koperasi, pengertian koperasi, nilai-nilai koperasi dan prisip-prinsip gerakan koperasi harus dijadikan point penting karena hal itu yang mendasari segala aktifitas koperasi. Aparatur pemerintah terutama departemen yang membidangi masalah koperasi perlu pula memahami secara utuh dan mendalam mengenai koperasi.
6.      Kegitan koperasi bersinergi dengan aktifitas usaha anggotanya
                7.      Koperasi produksi harus bisa merubah strategi kegiatannya dengan mereorganisasi                       kembali supaya kompatibel dengan tantangan yang dihadapi. 



3. Peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh koperasi dengan kondiisi tersebut ??

Dalam kondisi tersebut koperasi memiliki beberapa peluang yaitu :
1. Koperasi mampu mengumpulkan banyak anggota, karena semakin ketatnya persaingan di era globalisasi maka makin banyak pula yang membutuhkan bantuan dana dari koperasi

2. Koperasi dapat memperluas jaringan karena memiliki anggota yang banyak.

3. Koperasi dapat memperkokoh infrastruktur keanggotaan 



4. jurnal yang membahas ini??


Daftar Pustaka

   Selamet Setiawan. 1999.Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat Indonesia. Jakarta: Penerbit Graha Mulia
Kusnadi, Hendar, Ekonomi Koperasi , Jakarta: Lemabaga Penerbit FE-UI, 1999


Comments

Popular posts from this blog

karangan 9 softskill ekonomi koperasi